FREQUENTLY ASKED QUESTIONS

Tanya: Kenapa Tampilan Chart nya tidak muncul ketika membuka website lifting.migas.esdm.go.id?

Jawab: Diperlukan Flash Player supaya bisa menampilkan Chart di Website Lifting. Download gratis dari Adobe sesuai dengan Browser.

 


Tanya: Browser apa yang direkomendasikan untuk menampilkan website lifting.migas.esdm.go.id?

Jawab: Website bisa ditampilkan menggunakan Semua Web browser yang mendukung javascript. Best View dengan Internet Explorer versi 6 atau lebih

 


Tanya: Apa yang bisa dilihat pihak pemda ketika membuka website lifting.migas.esdm.go.id?

Jawab: Pihak pemerintah daerah dapat melihat laporan-laporan yang akan ditentukan oleh Ditjen Migas untuk daerah yang bersangkutan.

 


Tanya: Apakah akan ada pekerjaan tambahan bagi KKKS terkait kegiatan sistem monitoring ini?

Jawab: Akan dibuat modul aplikasi untuk melakukan proses pengambilan data dari sistem yang ada di masing-masing KKKS, bagi KKKS yang tidak memiliki sistem akan dilakukan proses pengambilan data dengan cara yang paling efisien dan efektif yang tidak terlalu membebani KKKS.

 


Tanya: Bagaimana dengan keamanan data yang di submit KKKS?

Jawab: Ada beberapa cara yang sudah ditempuh yakni pada KKKS yang mengirimkan data melalui email dilakukan pengiriman file yang sudah di-password dan password diberikan melalui telepon; cara kedua diterapkan pada setiap komputer penghubung dipasangi firewall.

 


Tanya: Bagaimana jika terjadi perbedaan hasil pengolahan sistem yang dibangun Migas dengan data yang dilaporkan KKKS?

Jawab: Ada angka toleransi sampai dengan periode tertentu sistem berjalan dengan baik. Yang dijadikan patokan sebagai data pelaporan adalah pelaporan resmi yang selama ini sudah berjalan.

 


Tanya: Bagaimana dengan pelaporan KKKS yang selama ini dilaporkan secara manual dengan Fax, apakah masih tetap dilakukan?

Jawab: Pelaporan yang selama ini dilakukan KKKS tetap masih berjalan seperti biasa, hingga sistem bisa menggantikannya dengan sempurna.

 


Tanya: Bagaimana dengan periode pelaporan yang dilakukan untuk mendukung sistem pelaporan berbasis web?

Jawab: Pengiriman data dilakukan setiap bulan, dengan tenggang waktu pengiriman sampai dengan tanggal 10 bulan berikutnya.

 


Tanya: Data apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung sistem monitoring berbasis web.

Jawab: Data yang dibutuhkan dapat dilihat pada format file upload yang sudah disertai dengan definisi dan fungsi masing-masing kolom.

 


Tanya: Siapa saja yang berhak mendapatkan akses terhadap sistem monitoring ini?

Jawab: Ditjen Migas, SKK MIGAS, KKKS serta para Stakeholder yang ditunjuk oleh Ditjen Migas.

 


Tanya: Fungsi apa saja yang ada di Chart halaman utama website lifting.migas.esdm.go.id?

Jawab: Jika dipilih/klik Total Value maka akan ditampilkan volume Lifting semua KKKS lebih detail. Jika dipilih/Click dari barchart akan ditamplkan volume KKKS tersebut untuk tahun berjalan.

 


Tanya: Dimanakah alamat website lifting migas?

Jawab: Website lifting migas saat ini dapat dilihat di lifting.migas.esdm.go.id jika terdapat perubahan alamat pihak KKKS akan diberitahukan lebih lanjut.

 


Tanya: Bagaimana cara meng-upload data?

Jawab: KKKS bisa mengisi langsung data yang dibutuhkan dengan cara membuka website lifting migas atau pihak KKKS mengirimkan datanya via email, ftp atau dengan cara lainnya.

 


Tanya: Apakah KKKS harus menyediakan tenaga tambahan untuk kegiatan monitoring lifting migas?

Jawab: Tidak, proses pengambilan data akan dibuatkan modul aplikasi untuk melakukan proses pengambilan data dari sistem yang ada di masing-masing KKKS, bagi KKKS yang tidak memiliki sistem akan dilakukan proses pengambilan data dengan cara yang paling efisien dan efektif yang tidak terlalu membebani KKKS.

 


Tanya: Apakah ada surat pengantar dari SKK MIGAS berkenaan dengan kegiatan survei yang dilakukan?

Jawab: Ada

 


Tanya: Mulai kapan KKKS mengirimkan data yang dibutuhkan untuk mendukung Sistem Monitoring lifting migas?

Jawab: Secara resmi KKKS diminta.