ISTILAH-ISTILAH YANG DIGUNAKAN

  • Well Group

Wellgroup dan Blok adalah group imajiner yang ada di KKKS untuk melakukan pengumpulan sumur-sumur berdasarkan atas field/daerah tertentu.

  • Well Info

Informasi mengenai sumur lengkap yang berisi informasi nama, posisi longitude/latitude, jenis produk, aliran ke stasiun pengumpul, well group dan daerah penghasil (referensi daerah penghasil dapat dilihat pada halaman daftar daerah penghasil).

  • Well Network History

Data historical mengenai jaringan sebuah sumur menginduk ke Stasiun Pengumpul (Gathering Station, GS) yang mana, karena untuk beberapa KKKS aliran pipa dari sebuah sumur dapat dipindahkan dari GS satu ke GS yang lain. Tabel ini memungkinkan pembuatan jaringan penyaluran minyak dan gas yang dinamis.

  • Well Test

Data pengujian/test pada sumur yang dilakukan secara berkala oleh KKKS sebagai dasar perhitungan volume produksi teoritis suatu sumur.

  • Well Production Duration

Data durasi sebuah sumur beroperasi dalam waktu satu hari. Dengan data ini ditentukan volume produksi suatu sumur sebagai hasil kali durasi dan well test. Volume produksi ini yang kemudian menjadi dasar bagi perhitungan bagi hasil atas angka lifting yang dilakukan di titik serah migas (custody transfer point, CTP).

  • Transaksi Produksi Setiap Entitas

Jaringan aliran minyak atau gas adalah diagram aliran minyak dari sumur, stasiun-stasiun pengumpul hingga titik serah migas. Titik-titik dalam diagram tersebut disebut sebagai entitas. Entitas selain sumur pada jaringan ini diharuskan memiliki data volume penerimaan dan pengiriman. Data pengiriman fluida (minyak atau gas) yang berisi informasi tentang volume dan tujuan pengiriman inilah yang disebut sebagai data transaksi volume entitas. Berdasar informasi ini terbentuk jaringan yang akan berujung di titik serah migas, selanjutnya informasi ini disusun sebagai dasar perhitungan pembagian alokasi volume lifting.

  • Lifting Per BL

Data  transaksi lifting di titik serah migas untuk setiap kegiatan muat (lifting) atau bill of lading (BL).

  • Self Assessment (Pengajuan Laporan Bulanan)

Self Assessment adalah pembagian alokasi volume lifting per bulan oleh KKKS untuk daerah penghasil yang menjadi wilayah kerjanya. Angka ini akan dibandingkan dengan sistem perhitungan back allocation yang dilakukan oleh Sistem Monitoring Volume Lifting.

  • CTP

CTP atau Custody Transfer Point atau titik serah migas adalah lokasi transaksi lifting terjadi dari operator ke pihak lain. Di CTP ini volume minyak atau gas yang disalurkan diukur dengan alat ukur (metering) dan menjadi acuan bagi proses transaksi penjualan minyak atau gas.

  • KKKS

Kontraktor Kontrak Kerja Sama adalah kontraktor yang memiliki hak untuk melakukan kegiatan eksplorasi, eksploitasi dan pemasaran minyak dan gas bumi di Indonesia. Kerjasama ini adalah kerjasama yang memiliki persetujuan melalui suatu kontrak tertentu.

  • DPM

Daerah Penghasil Minyak dan Gas bumi di Indonesia. Penetapan suatu daerah sebagai Daerah Penghasil Migas ditetapkan oleh pemerintah.

  • ICP

Indonesian Crude Price, or ICP, adalah index harga minyak mentah di Indonesia.